4 KUNCI BAGI SALESMANSHIP
Tugas dari salesman adalah menjual produk dan hal lain yang berkaitan dengannya. Mulai dari pengembangan pasar, membina loyalitas dengan outlet, implementasi aktivitas promosi sampai dengan membuat laporan atas penjualan dan hasil implementasi promosi.
Dari sekian banyak tugas yang dilakukan oleh salesman, ada beberapa hal kunci yang mesti diperhatikan oleh salesman yang akan mempengaruhi performa penjualan, loyalitas konsumen dan pelanggan.
- Pelanggan KunciPelanggan kunci adalah sekelompok pelanggan yang jumlahnya relative sedikit tetapi memberikan kontribusi lebih dari 50 % penjualan salesman. Dilihat dari sisi kontribusinya, maka outlet kunci perlu mendapat perhatian yang lebih baik dari segi waktu maupun prioritas. Loyalitas mereka juga perlu dipelihara dengan baik karena apabila salah satu saja pelanggan kunci ini beralih maka effeknya akan cukup berarti bagi performa penjualan kita.
- Pesaing KunciPesaing kunci adalah pesaing yang sangat dekat dengan produk kita baik dalam harga, promosi maupun letak pajangan di pelanggan. Biasanya pesaing kunci ini bergerak dalam katagori produk yang sama. Perhatian yang perlu diberikan pada pesaing kunci datang dari sisi aktivitas dan strategi pemasaran yang digunakan selain strategi mereka dalam memasuki pasar.
- Performa Kunci Indikator ( Key Performance Indicator )Performa kunci ini adalah sebagian dari tugas pokok kita yang dimonitor dalam periode waktu tertentu seperti penjualan per hari, jumlah outlet yang dimiliki serta produktivitas dari salesman. Perhatian atas performa kunci ini akan membimbing kita dalam pencapaian target melalui monitoring yang ketat atas pencapaian harian sehingga kita mengerti posisi kita berada serta berapa banyak gap yang harus kita tutup untuk mencapai target yang diberikan.
- Pihak Kunci ( Key Person )Pihak kunci jika dilihat dari sisi pelanggan, pihak kunci adalah para pengambil keputusan dalam toko pelanggan sehigga memberikan perhatian kepada pihak kunci ini akan memberikan tambahan nilai bagi kita.
Ke empat kunci diatas sangat mempengaruhi performa dari salesman,berikan perhatian dan waktu dengan porsi yang lebih pada mereka sehingga kita akan selalu mengetahui kondisi pasar kita secara garis besar.
By : http://basic-salesmanship.blogspot.co.id/2008/08/4-kunci-bagi-salesman.html
DOWNLOAD MATERI PERKULIAHAN
KONTRAK PERKULIAHAN
HAND OUT
MODUL
Modul 2 Strategi Penjualan Personal
Modul 3 Strategi Pemasaran
Modul 4 Etika Salesmanship
Modul 5 Peramalan Permintaan
Modul 6 Prospek pelanggan
Modul 7 Menghitung Kebutuhan Sales
Modul 8 Pengadaan dan Selsi Tenaga Penjual
Modul 9 listing Pelanggan
Modul 10 Teknik membuat surat penawaran
Modul 11 Komunikasi costomer dgn Telephon
Modul 12 Manajemen Pelanggan
Modul 13 Manajemen Wilayah
Modul 14 Manajemen Waktu
E-BOOK
EVENT PAMERAN PRODUK INOVASI MAHASISWA SALESMANSHIP
TUJUAN KEGIATAN
1. Memberikan bekal kepada mahasiswa dalam memperoleh usaha didunia bisnis.
2. Mensosialisasikan para mahasiswa untuk tidak malu bekerja dalam dunia bisnis dan dagang.
3. Menjadikan mahasiswa tangguh dan cermat untuk berinteraksi dengan oranglain.
4. Menghasilkan mahasiswa/i yang kreatif dan inovatif.
5. Memberikan motivasi kepada mahasiswa/i agar mampu membuka usaha sendiri
6. Memberikan kemampuan untuk bekerjasama dengan perusahaan.
7. Memberikan pengalaman berwirausaha untuk mahasiswa/i.
8. Memberikan hiburan kepada mahasiswa
NAMA KEGIATAN
Kegiatan tersebut dinamakan "Pameran Produk Inovasi Salesmanship ASIA “
TEMA KEGIATAN
Melalui bazar kita tingkatkan jiwa kewirausahaan dan salesmanship mahasiswa/i yang kreatif dan inovatif agar mampu menghadapi persaingan dunia kerja di era globalisasi.
Materi yang baik.....oleh karenaya, Ijinkan saya download materi2 tsb ...... Terima kasih sekali ini sangat membantu saya untuk memberikan materi tsb ke Karyawan bidang Sales Marketing kami , sekali lagi terima kasih
BalasHapusHormat Saya
ttd
Muhammad Arifin, SE, MM